RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH DESA SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Syubbanul Akhyaril Aliya (UIN Sumatera Utara)
Rusydi Ananda (UIN Sumatera Utara)
Yusuf Hadijaya (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan: 1) Merencanakan kebijakan peningkatan mutu pendidikan siswa oleh guru Madrasah Istiqomah Ibtidaiyah Swasta di Desa Sei Mencirim; 2) Madrasah Istiqomah Swasta Istiqomah Sei Mencirim Program kerja guru yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa 3) Madrasah Istiqomah Swasta Istiqomah Desa Sei Mencirim, supervisi yang dipimpin guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Deli Serdang, Desa Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Madrasah Swasta Istiqomah Ibtidaiyah, Madrasah Swasta Istiqomah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kebijakan perencanaan peningkatan mutu pendidikan siswa yang dilakukan oleh guru Madrasah Istiqomah Swasta Desa Istiqomah Sei Mencirim memerlukan beberapa pendekatan desain yang menampilkan praktik desain, yaitu; a) menganalisis kebutuhan siswa di kelas; b) menerapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa; c) menggunakan alat; d) menentukan teknik, jenis dan strategi pengajaran; e) anggaran untuk fasilitas dan layanan untuk meningkatkan fasilitas (infrastruktur). 2) Peningkatan kualitas pendidikan siswa berdasarkan kegiatan semester mingguan dan kegiatan tahunan pada program kerja guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta Istiqomah Desa Sei Mencirim yang dilakukan. Kegiatan tahunan ini terdiri dari kegiatan jangka pendek, menengah dan panjang. 3) Madrasah Istiqomah Swasta Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang Guru Desa Istiqomah Sei Mencirim mengawal peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa melalui kegiatan pelatihan atau pengembangan dalam bentuk workshop guru 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...