ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2022)

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PERSAMAAN TRIGONOMETRI PADA SISWA SMA

Nafiah, Nafiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil  belajar siswa tentang Persamaan Trigonometri melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian  pada Siklus I siswa dikelompokkan berdasarkan tempat duduk yang berdekatan, didapatkan hasil observasi kegiatan guru 83,33 %, keikutsertaan  siswa dalam pembelajaran minimal Baik 83,33 %, dan hasil belajar 29 dari 36 siswa atau 80,56 % mencapai KKM, dengan nilai terendah 40, tertinggi 100, dan rata-rata 79,72. Hal ini sudah sesuai kriteria 80 %. Pada Siklus II diubah dengan cara siswa yang memperoleh nilai tinggi pada Siklus I disebarkan ke tiap-tiap kelompok untuk membantu teman yang kurang pintar. Pada Siklus II didapatkan hasil observasi kegiatan guru 100 %, keikutsertaan siswa dalam pembelajaran minimal Baik 94,44 %, dan hasil belajar 33 dari 36 siswa atau 91,67 % mencapai KKM, dengan nilai terendah 50, tertinggi 100, dan rata-rata 84,44. Jika dibandingkan dengan Prasiklus, hasil kegiatan Siklus I ada peningkatan pada pencapaian kompetensi siswa yaitu sebesar 10,38 %. Dan jika dibandingkan dengan Siklus I, pada Siklus II ada peningkatan pada pencapaian kompetensi siswa yaitu sebesar 5,97 %.  Jadi, jika dibandingkan dari hasil Prasiklus, maka hasil Siklus II ada peningkatan kompetensi siswa sebesar 16,92 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...