Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 9, No 1 (2023): VOL 9 NO 1, APRIL 2023

PENGARUH MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK

sri indriani harianja (Universitas Jambi)
winda sherly utami (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar mahasiswa pada pata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui modul. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar masih menggunakan power point, pemanfaatan modul belum terlihat sehingga memiliki dampak terhadap materi yang tertinggal dan hasil belajar yang kurang maksimal. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain none quivalent control group design. Sumber penelitian berjumlah 60 mahasiswa yang terdiri dari dua kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan menggunakan desain nonequivalent groups prestes dan posttest. Instrumen dirumuskan berdasarkan hasil belajar mahasiswa yang terdiri dari enam butir. Analisis data yang digunakan menggunakan uji T independent berbantuan IBM SPSS 21. Teknik sampling yang digunakan adalah proposive sampling. Sampel yang ditetapkan dua kelas, yaitu kelas R-002 dengan jumlah mahasiswa 30 sebagai kelompok eksperimen dan kelas R-003 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah mahasiswa 30.  Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar mahasiswa sesudah penerapan modul.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...