SIMRS terintegrasi sebagai tool atau alat ukur kinerja bagi Manajemen RS, mendorong kompetitif  strategis  peningkatan kunjungan pasien ke rumah sakit melalui Sistem Informasi Manajemen harus berjalan lebih baik dari sebelumnya maka membutuhkan persepsi pelaksana dari sistem informasi manajemen. Tujuan penelitian melakukan kajian sistem informasi rumah sakit pada aspek pengguna dalam mendukung pengambilan keputusan manajemen. Penelitian ini secara deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian bagian SIMRS RS PKU Muhamadiyah Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan performance sistem informasi memiliki sub sistem mulai tempat pendaftaran rawat jalan sampai filing namun perlu evaluasi modul rawat jalan terkait respon time lebih dispesifikasikan. Perbaharuan kesalahan entri data harus dapat terlacak jejak proses edit terkait identitas petugas, tanggal dan jam penggantian. Sinkronisasi SMIRS secara otomatis dengan data yang dibutuhkan SISMADAK Versi 5.0.3 sebagai pelaporan, akreditasi nasional oleh tim peningkatan mutu keselamatan pasien (PMKP). Data SIMRS agar terisi lengkap, akurat, konsisten perlu identitfikasi  telusur otomatis hasil entri data sesuai shift kerja  tanpa print out dari bagian kasir. Information pada penggunaan struktur  tipe data SIMRS modul pendaftaran pasien dalam penambahan entitas menu edit poli perlu kerjasama dengan pengembang sistem. Aspek economic SIMRS menghasilkan output data yang  dapat digunakan sistem SISRUTE, INA-CBGs dengan cara export data. Bila SIMRS terjadi penambahan data atau perubahan tarif dapat dilakukan sendiri oleh petugas administrator keuangan bersama tim IT rumah sakit dan pelaksana entri data. Aspek Control/Security pengendalian sistem oleh operator telah dilengkapi server SIMRS, server BPJS INA-CBGs masih terdapat gangguan sistem dan proses gagal kirim data klaim ke server BPJS perlu adanya backup data dan bandwith unlimited. Aspek Efficiency proses input data oleh petugas tiap unit perlu tersedia SOP tentang hak akses, edit data, pengembangan data serta SOP tiap modul. Upaya mengatasi kesalahan pengisian modul dapat diketahui dari hasil integrasi data pada modul bagian lainnya. Aspek Service pemanfaatan SIMRS semestinya menghasilkan output otomatis tentang kepuasan pasien sehingga dapat diolah oleh tim PMKP tanpa menggunakan aplikasi lain dalam penyajian data bagi pihak manajemen. Â
Copyrights © 2021