Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan mengajar mahasiswa saat praktik microteaching. Metode yang dipergunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas 6I3 prodi PGSD semester VI yang berjumlah 11 orang. Instrumen yang dipergunakan dalam proses pengumpulan data adalah rubrik penilaian dan lembar observasi kegiatan microteaching. Rubrik penilaian microteaching memiliki 8 aspek, antara lain: kemampuan membuka pembelajaran, sikap dalam proses pembelajaran, penguasaan bahan ajar, proses pembelajaran, penggunaan media, evaluasi, kemampuan menutup pembelajaran, dan performance guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mahasiswa kelas 6I3 PGSD, FKIP, Universitas Mataram sudah cukup baik dan siap untuk melanjutkan praktik pemahamannya terhadap kompetensi guru ke tahap selanjutnya yaitu pengenalan lapangan persekolahan (PLP). Mahasiswa juga dinilai akan mampu dihadapkan langsung dengan peserta didik sekolah dasar tentunya masih didampingi oleh guru dan dievaluasi secara ketat. Dari 8 aspek penilaian, kriteria yang masih perlu ditingkatkan lagi adalah kemampuan memberikan evaluasi dan kemampuan menutup pelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023