Jurnal Mangifera Edu
Vol 7 No 2 (2023): Jurnal Mangifera Edu

Analysis of Computer-Based Teaching Materials in Biology Learning Using Bibliometric Tools (Application of the SLNA Method)

Ida Yayu Nurul Hizqiyah (Universitas Pasundan)
Mia Nurkanti (Universitas Pasundan)
Armansyah Putra (Universitas Samawa)
Nurul Syifa (Universitas Pasundan)
Meili Yanti (Universitas Sulawesi Barat)
Nia Nurdiani (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode SLNA yang bertujuan untuk mengetahui hasil analisis bahan ajar berbasis komputer pada pembelajaran bioteknologi. Bahan ajar berbasis komputer berisikan materi-materi ajar dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran efektif. Subjek penelitian ini yaitu bahan ajar komputer pada pembelajaran bioteknologi itu sendiri. Pada penelitian ini juga peneliti melakukan analisis sebanyak 25 artikel yang telah difiltrasi berdasarkan topik bahan ajar komputer. Analisis tersebut dimuat dalam beberapa komponen seperti judul, tahun, doi, author, metode, hasil analisis, dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan Bibliometrix tools (Aplikasi metode SLNA) sebagai media yang digunakan dalam menganalisis artikel-artikel tersebut. Dari penelitian ini maka diperoleh kesimpulan penggunaan bahan ajar komputer menghasilkan pengaruh positif yang hasilkan yaitu bersifat efektif dan fleksibel dalam pembelajaran bioteknologi karena dapat memvisualisasikan materi ajar kedalam bentuk gambar, video, suara sehingga memberi kesan yang tidak membosankan saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mangiferaedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Library & Information Science

Description

Mangifera Edu journal is a scientific papers on the results of biology and biology education wich managed by Biology education departement, FKIP Wiralodra University. This journal published since 2016 with p-ISSN 2527-9939 and avaliable electronic journal since 2018 with number e-ISSN 2622-3384. The ...