Jurnal Abdimas Mandiri
Vol. 7 No. 1

STRATEGI PRODUK DENGAN PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK PADA KELOMPOK USAHA KERIPIK SINGKONG RK

Indah Permatasari (Universitas Indo Global Mandiri)
Dewi Sartika (Universitas Indo Global Mandiri)
Imelda Saluza (Universitas Indo Global Mandiri)
Roswaty Roswaty (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang data survei sosial ekonomi nasional tahun 2018 menyatakan bahwa persentase masyarakat yang mengakses internet dalam kurun lima tahun terakhir terjadi peningkatan yang signifikan. Sebesar 77,48 persen masyarakat pedesaan dan perkotaan yang mengakses internet, sebanyak 10,82 persen diantaranya memanfaatkan internet untuk melakukan pembelian dan penjualan barang dan jasa secara online. Hal tersebut menunjukkan besarnya potensi media digital sebagai media pemasaran. Berdasarkan hasil observasi diperoleh gambaran umum permasalahan yang dihadapi oleh Usaha Keripik Singkong RK, yaitu salah satunya masih lemahnya strategi produk dalam kemasan sehingga produk belum mampu menjangkau masyarakat luas dan menarik perhatian serta minat masyarakat. Oleh karena itu tim PKM Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) menawarkan solusi dari permasalahan yang dihadapi Usaha Keripik Singkong RK selaku mitra dalam kegiatan ini yaitu berupa strategi produk. Strategi produk dilakukan dengan meningkatkan kualitas kemasan produk dengan label yang dilengkapi logo usaha dan informasi penting berkaitan produk. Adapun kegiatan yang dilakukan tim PKM UIGM adalah memberikan pelatihan pengemasan produk. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai petingnya memperhatikan kemasan produk guna menarik minat masyarakat terhadap produk keripik singkong RK.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PGM

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Mandiri merupakan jurnal yang mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada Masyarakat atau kajian dalam penuntasan masalah sosial di Masyarakat,mencakup bidang Informatika, Ekonomi, Teknik, Humaniora, Bahasa, Seni dan Desain grafis. Diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu ...