Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah profesionalitas guru dalam kegiatanpembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pante Cermin Kecamatan Pante Ceureumen. Jenis Penelitian inibersifat deskriptif (descriptive research). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2020 pada semesterganjil tahun ajaran 2020/2021, lokasi penelitian adalah di SD Negeri Pante Cermin Kecamatan PanteCeureumen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV. Adapun teknikpengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalampenelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar validasi. Hasil penelitian dalam penelitianini adalah guru di SD Negeri Pante Cermin sudah termasuk dalam guru profesional karena dalam perencanaanpembelajaran khususnya dalam menyusun (RPP) sudah cukup baik, mereka menyusun RPP sesuai denganpetunjuk yang ditetapkan. Hal itu dapat dilihat pada membuat perangkat pembelajaran (RPP), pengalokasianwaktu, mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan, guru memiliki kompetensi dalam menggunakanberbagai metode dan pemilihan media yang tepat, serta pengelolaan terhadap kelas menjalankan tugasnyadengan baik secara ikhlas dan sabar dan mampu menguasai teknologi sesuai dengan pendidikannya, dan gurumemiliki latar belakang pendidikan terakhir sarjana (SI).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021