Tujuan ini adalah untuk mengatahui analisis keterampilan proses sains yang dimiliki siswa SMA melalui pembelajaran menggunakan simulasi PhET materi hukum Hooke. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mengatahui penggunaan media phet dan keterampilan proses sains siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IPA berjumlah 30 orang. Hasil penelitian aspek bertanya 70%, observasi 77%, interperstasi 58%, komunikasi 76,7%, dan klarifikasi 55%. Respon siswa terhadap LKS berbasis simulasi PhET rata-rata 81,9% yang artinya sangat layak digunakan dan dapat memotivasi siswa dalam belajar. Observasi paling tertinggi rata-ratanya karena mengamati penjalasan guru tentang media phet dan mengamati sifat-sifat hukum hooke terhadap media phet. Kegiatan praktikum menggunakan media phet dapat mengembangkan keterampilan proses sains siswa, siswa senang belajar dengan menggunakan media simulasi phet karena pembelajaran ini banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023