Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan model peer teaching melalui media WhatsApp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Secara khusus, penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: pertama, mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi sebelum penggunaan model peer teaching diterapkan; kedua, mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi setelah penggunaan model peer teaching diterapkan; dan ketiga, mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model peer teaching tersebut terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan eksperimen one group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. Paired sample t test juga dilakukan dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum model peer teaching digunakan, rata-rata nilai 36 siswa dalam satu kelas akuntansi yaitu 51,25. Namun demikian, terjadi peningkatan nilai setelah penggunaan peer teaching dengan rata-rata nilai sebesar 90,97. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan model peer teaching melalui media WhatsApp memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar siswa akuntansi di Kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Slawi.
Copyrights © 2023