Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEER TEACHING DENGAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI




Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan model peer teaching melalui media WhatsApp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Secara khusus, penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: pertama, mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi sebelum penggunaan model peer teaching diterapkan; kedua, mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi setelah penggunaan model peer teaching diterapkan; dan ketiga, mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model peer teaching tersebut terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan eksperimen one group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. Paired sample t test juga dilakukan dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum model peer teaching digunakan, rata-rata nilai 36 siswa dalam satu kelas akuntansi yaitu 51,25. Namun demikian, terjadi peningkatan nilai setelah penggunaan peer teaching dengan rata-rata nilai sebesar 90,97. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan model peer teaching melalui media WhatsApp memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar siswa akuntansi di Kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Slawi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...