Journal of Mathematics Education and Science
Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science

Keefektifan Metode Problem Based Learning Terhadap Capaian Belajar Mata Kuliah Stokastik

Sofia Andika Nur Fajrina (Program Studi Statistika, Universitas Airlangga)
Karina Rubita Makhbubah (Program Studi Statistika, Universitas Airlangga)
Bintang Alyaa Sabila (Program Studi Statistika, Universitas Airlangga)
Muhammad Rizaldy Baihaqi (Program Studi Statistika, Universitas Airlangga)
M.Fariz Fadillah Mardianto (Program Studi Statistika, Universitas Airlangga)
Dita Amelia (Program Studi Statistika, Universitas Airlangga)
Elly Ana (Program Studi Statistika, Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Proses Stokastik merupakan mata kuliah yang fundamental di Program Studi Statistika Universitas Airlangga. Penelitian ini memberikan gambaran hasil implementasi metode pembelajaran Proses Stokastik di Universitas Airlangga. Metode pembelajaran tersebut menggunakan dua metode yakni metode ekspositori berupa pembelajaran teori dan metode Problem Based Learning atau PBL berupa pembelajaran menggunakan pemahaman terhadap masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan populasi mahasiswa Program Studi Statistika Universitas Airlangga semester lima tahun ajaran 2021/2022. Untuk teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari satu kelas sebanyak 55 mahasiswa dengan perlakuan yang sama. Metode pengumpulan data dilakukan berdasarkan nilai tugas, UTS, PBL, dan UAS mata kuliah Proses Stokastik. Untuk nilai tugas dan UTS menggunakan metode ekspositori sedangkan untuk nilai PBL dan UAS menggunakan metode PBL. Selanjutnya, dianalisis menggunakan pengujian MANOVA untuk mengukur pengaruh variabel independen yang berskala kategorik terhadap beberapa variabel dependen sekaligus yang berskala data kuantitatif. Dari hasil analisis data yang dilakukan menggunakan pengujian MANOVA diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran yang digunakan terhadap capaian belajar mahasiswa mata kuliah Proses Stokastik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JaMES

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April & October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature ...