JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Menumbuhkembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe-TGT Peserta Didik SMP

Bajongga Silaban (Universitas HKBP Nommensen)
Januaris Pane (Universitas HKBP Nommensen)
Melani Dewi Nagur (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter rasa ingin tahu peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe-TGT. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII sebanyak 7 kelas dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII-3 sebanyak 32 orang yang penarikannya dilakukan secara purposive sampling. Ujicoba instrumen dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan sebanyak 16 orang untuk menentukan tingkat kesukaran, kehandalan (reliabilitas) dan kevaliditasan instrumen, dan dinyatakan memiliki tingkat kesukaran butir soal sedang, valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rasa ingin tahu peserta didik tergolong sangat baik dan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berarti selama 2 kali pertemuan dalam 2 siklus pelaksanaan. Indikator rasa ingin tahu yang paling menonjol adalah menyimak penjelasan guru terkait materi pembelajaran dan kemampuan dalam menyimpulkan hasil diskusi. Nilai hasil belajar tertinggi melalui tes hasil belajar adalah 85 dan terendah 45 dengan rata-rata 62,9 dan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70. Disimpulkan bahwa pembelajarn kooperatif tipe-TGT dapat menumbuhkembangkan rasa ingin tahu peserta didik dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...