Penelitian ini menguraikan tentang implementasi nilai-nilai tasawuf dalam budaya perusahaan di PT. Telkom Indonesia dengan kerangka dakwah struktural sebagai salah satu wujud dari spiritualitas di dunia kerja. Dengan menggunakan metode studi kasus, penelitian ini menampilkan bahwa upaya PT Telkom dalam membangun budaya perusahaan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai tasawuf yang kemudian linier dengan jargon mereka yakni “always the best” sebagai implementasi dari konsep ihsan. Dalam perspektif dakwah, praktik ini merupakan salah satu pendekatan dakwah struktural yakni dakwah yang dijalankan melalui implementasi kebijakan organisasi atau perusahaan. Bekerja dengan tuntutan dan komitmen berdasarkan nilai-nilai spiritualitas agama telah membuktikan PT Telkom sebagai salah satu perusahaan yang sukses dalam membangun sumberdaya manusia yang unggul dan profesional. This study describes the implementation of Sufism values in the corporate culture at PT. Telkom Indonesia with a structural missionary framework as a manifestation of spirituality in the world of work. Using the case study method, this research shows that PT Telkom's efforts to build a corporate culture are strongly influenced by Sufism values which are then linear with their jargon, namely "always the best" to implement the concept of Ihsan. From the perspective of da'wah, this practice is one of the structural da'wah approaches, namely da'wah, carried out through the implementation of organizational or company policies. Working with demands and commitments based on the values of religious spirituality has proven PT Telkom as one of the successful companies in building excellent and professional human resources.
Copyrights © 2021