Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 1 (2023): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Konstruksi Atap Siswa Kelas X DPIB SMKN 1 Woja Dompu Tahun Pelajaran 2021/2022

Syahrir Syahrir (SMA Negeri 1 Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar Konstruksi Atap pada siswa kelas X DPIB SMKN 1 Woja Dompu tahun pelajaran 2020/2021, Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB SMKN 1 Woja Dompu dengan jumlah 24 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan ketuntasan klasikal 90%, Berdasarkan hasil analisis belajar siswa diperoleh sebuah peningkatan persiklusnya dengan jumlah siswa yang mengikuti proses belajar sejumlah 24 orang. Hasil aktifitas siswa pada siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 62 (55,36%), dengan nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 40 (35,71%) berada pada kategori kurang aktif dan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas siswa yang mencapai nilai sebesar 102 (91,07%) berada pada kategori sangat aktif. Hasil aktifitas guru pada siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 44 (36,67%), dengan nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 54 (45%) berada pada kategori cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas guru yang mencapai nilai sebesar 98 (81,67%) berada pada kategori sangat baik. Hasil evaluasi presta sisiswa pada siklus I dan II terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 10,74 dengan peningkatan nilai ketuntasan klasikal sebesar 29,63%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi siswa pada siklus I sebesar 70, nilai ketuntasan klasikal sebesar 70,37% dan pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata 80,74, nilai ketuntasan klasikal sebesar 100%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...