Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 6 No. 1 (2023): JPPSI, April 2023

Analisisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar

Lalu Ipan Jayakusuma (SDN 1 Senanggalih)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing  dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Dara kunci yang terdiri dari 20 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa dengan penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing  secara keseluruhan berada pada kategori tinggi untuk aspek interpretasi dan aspek analisis, namun pada indikator atau aspek evaluasi dan inferensi berada pada kategori rendah dan sedang  (2) siswa memberikan respon positif pada penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing baik dalam penyataan positif maupun pernyataan negatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...