Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 6 No. 1 (2023): JPPSI, April 2023

Identifikasi Kesiapan Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagi Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri di Indonesia

Tafrihatul Aini (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Burhanudin Milama (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Miessya Wardani (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mahasiswa Pendidikan Kimia untuk mengikuti program pendidikan profesi guru dalam rangka menjadi guru profesional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kimia dari tujuh Universitas Islam Negeri yang berjumlah 348 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik probability sampling. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kesiapan mengikuti program Pendidikan profesi guru (PPG) yang ditinjau dari indikator kesiapan yaitu Kesehatan, minat, motivasi, lingkungan keluarga, sosial ekonomi, dan lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian kesiapan mahasiswa Pendidikan Kimia untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yaitu aspek kesehatan 87,16% (sangat baik), aspek lingkungan keluarga 80,50% (sangat baik), aspek minat 78,85% (baik), aspek motivasi 76,36% (baik), aspek sosial ekonomi 75,10% (baik), dan aspek lingkungan sekolah memiliki persentase 72,53% (baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesiapan mahasiswa Pendidikan Kimia untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara umum sudah sangat baik dengan persentase sebesar 80,29%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...