Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 11, No 1 (2023): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

PERBANDINGAN VEGETASI PADA EKOSISTEM HUTAN PANTAI DAN HUTAN DATARAN RENDAH DI CAGAR ALAM PANANJUNG PANGANDARAN

Bahana Aditya Adnan (Universitas Galuh)
Purnomo Purnomo (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Kawasan Cagar Alam Pananjung Pangandaran memiliki ekosistem yang cukup beragam, antara lain ekosistem pantai, ekosistem hutan dataran rendah, dan ekosistem hutan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan vegetasi pada ekosistem hutan pantai dan hutan dataran rendah di wilayah Cagar Alam Pananjung Pangandaran. Penelitian ini dilakukan pada 2 lokasi di kawasan Cagar Alam Pananjung Pangandaran yaitu Pasir Putih sebagai ekosistem hutan pantai dan Badeto sebagai ekosistem hutan dataran rendah. Metode yang digunakan adalah Line transect dan pengambilan sampel menggunakan kuadrat. Hasil penelitian menunjukan di Cagar Alam Pananjung Pangandaran ditemukan sebanyak 20 spesies terdiri dari 20 famili dengan tingkat pertumbuhan yang berbeda diantaranya semai, tiang dan pohon. Hasil perhitungan INP pada tingkatan semai pada kedua ekosistem menunjukan didominasi oleh Alchornea rugosa (hutan pantai 57,6 % dan hutan dataran rendah 36,34 %). Spesies pada tingkatan tiang pada kedua ekosistem didominasi oleh Syzygium antisepticum (hutan pantai 68,24 % dan hutan dataran rendah 37,68 %). Tingkatan pohon pada ekosistem hutan didominasi oleh Barringtonia asiatica (73,58 %) dan pada ekosistem dataran rendah oleh Syzygium antisepticum (78,57 %). Keanekaragaman spesies pada setiap lokasi termasuk kedalam tingkat keanekaragaman yang sedang karena nilai H’ yang didapatkan antara rentang 1 sampai dengan 3.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...