Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN APLPIG KELAS XII SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

Messy Yusditia Utami (Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang)
Azwar Inra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung kelas XII di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dari semua populasi yaitu siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dan Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan jumlah siswa 53. Hasil penelitian yang dilakukan dari uji korelasi diketahui jika untuk kebiasaan (X) dan hasil belajar (Y) adalah sebesar 0,445 ≥ 0,271, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kebiasaan (X) dan hasil belajar (Y) dan kriteria kekuatan hubungannya sedang. Sedangkan dari hasil analisis uji t, diketahui jika (3,549) ≥ dari pada (1,674) dengan taraf signifikan 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak. Kemudian dari pengujian koefisien determinasi dapat dilihat bahwa hasilnya adalah 0,445 atau sama dengan 19,8% yang ditunjukkan oleh R square (angka korelasi yang dikuadratkan), artinya bahwa pengaruh dari X (Kebiasaan Belajar) terhadap Y (Hasil Belajar) yaitu 19,8% sedangkan 80,2% dipengaruhi oleh faktor lain sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang lemah antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...