Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak ditemukan adanya kenakalan, indispliner, perilakunegatif dan perilaku yang melanggar aturan-aturan disiplin maupun norma agama oleh pesertadidik di SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisstrategi yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter siswa di SDIT RaudhaturrahmahPekanbaru Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dan Mengidentifikasi kendala yangdihadapi guru dalam membentuk karakter siswa di SDIT Raudhaturrahmah PekanbaruKecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Dari penelitian ini diharapkan dapatmenjelaskan Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT RaudhaturrahmahPekanbaru Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan denganmetoda Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.Dari hasil penelitian, diketahui Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa di SDITRaudhaturrahmah Pekanbaru Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru terdiri dari 8kegiatan, yaitu mulai Program 5S, Cuci tangan sebelum masuk, berbaris dan berdoa sebelumkegiatan belajar di kelas, Upacara bendera dan menyanyikan lagu wajib/daerah, KegiatanPraktik Ibadah di Hari Jumat, Olahraga Mingguan, Gotong Royong, Tugas piket dan lombakebersihan antar kelas, dan Prinsip cinta sesama dan saling berbagi (sharing behavior). Faktorpenghambat dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT Raudhaturrahmah PekanbaruKecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru adalah terdiri dari 3 faktor, yaitu KondisiOrangtua yang kurang perhatian kepada anak, kondisi anak yang merasa terbebani denganpendidikan karakter, dan terakhir yaitu waktu atau kondisi tertentu yang menghambat prosespendidikan karakter.
Copyrights © 2023