Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayananterhadap kepuasan nasabah pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nanga PinohKabupaten Melawi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah dibuatberdasarkan indikator-indikator penelitian yang telah ditentukan. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh nasabah yang menggunakan layanan pada BNI KCP Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Jumlahsampel yang digunakan yaitu sebanyak 92 orang responden dengan teknik pengambilan sampel denganmenggunakan incidental sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisisregresi sederhana dengan bantuan program SPSS.Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) modelregresi linier sederhana untuk memprediksi besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasannasabah dalam penelitian ini dapat dirumuskan Y = 12,921 + 0,245X. 2) Hasil uji hipotesis menunjukkanbahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah yang ditunjukkandengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. (0,000 < 0,05). 3) Hasil Uji koefisien determinasimenunjukkan bahwa sebesar 22,9% kepuasan nasabah BNI KCP Nanga Pinoh Kabupaten Melawidipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 77,1% dipengaruhi oleh faktorfaktorlain yang tidak diteliti.Adapun hal-hal yang dapat disarankan dalam penelitian ini yaitu diharapkanagar BNI KCP Nanga Pinoh Kabupaten Melawi dapat terus meningkatkan pelayanannya kepadanasabah.
Copyrights © 2023