Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 2, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONSEP MOL

Eva Anawinta Buangmanalu (Sekolah Menengah Kejuruan Al Azhar Batam)
Netti Herawati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2023

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Di mana penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar soal tes akhir siklus. Subjek penelitian ini peserta didik kelas X RPL SMK AL AZHAR sebanyak 12 peserta didik dengan metode yang digunakan diskusi dan dengan pendekatan saintifik-TPACK. Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, dapat terlihat pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar sebesar 62,5% dan rata- rata hasil belajar peserta didik sebesar 63 . Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas sebsesar 87,5% dan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesaR 73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin besar rata-rata aktivitas belajar peserta didik, semakin besar pula rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik, dan sebaliknya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...