Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level berpikir van Hiele pada siswa, menganalisis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan menggunakan prosedur Newman pada soal segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Van Hiele Geometry Test (VHGT), tes segiempat dan segitiga beserta wawancara. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa menyelesaikan Van Hiele Geometry Test (VHGT) dan terpilih 6 siswa untuk perwakilan level berpikir van Hiele. Level yang dicapai oleh siswa yaitu level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), dan level 2 (deduksi informal). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) siswa level 0 melakukan kesalahan Newman pada jenis comprehension, transformation, process skill, dan encoding. (2) siswa level 1 melakukan kesalahan Newman pada jenis kesalahan transformation, process skill dan encoding. (3) siswa level 2 melakukan kesalahan Newman pada jenis kesalahan process skill dan encoding. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu tidak mengetahui informasi yang ada pada soal segiempat dan segitiga, tidak mengetahui rumus apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal segiempat dan segitiga, tidak menyelesaikan proses perhitungan, dan tidak menuliskan kesimpulan.
Copyrights © 2023