Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Penerapan Metode Kunjung Karya dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia

Tyas Noor Rachma (Unknown)
Ika Septiana (Universitas PGRI Semarang)
Sudiyati Sudiyati (SMA Negeri 6 Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penerapan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks eksplanasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskripsi. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kunjung karya dikatakan baik dikarenakan sesuai hasil nilai pembelajaran teks eksplanasi menggunakan metode kunjung karya peserta didik mendapatkan nilai antara rentang 81-100. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti dapat disimpulkan bahwa aspek kreativitas dalam merancang teks eksplanasi memiliki persentase tertinggi yaitu 83.33% dengan 30 peserta didik yang melakukan. Selanjutnya aspek penilaian sikap terendah yaitu kerja sama dalam kelompok dengan persentase 55.56% yang hanya muncul pada 20 peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia teks eksplanasi menunjukkan hasil yang baik dan menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...