Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 1 (2023): Volume 09 No 01, Maret 2023

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS III PADA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA

Rieke Ayu (Universitas Pakuan Bogor)
Yuli Mulyawati (Universitas Pakuan Bogor)
Angga Nugraha (SDN Layungsari 2)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk adanya peningkatan hasil belajar terhadap peserta didik dengan digunakannya model problem based learning pada kelas III SDN Layungsari 2 Kota Bogor. Penelitian ini berjenis PTK dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil pengamatan pada siklus I ketuntansan peserta didik 73 % dengan kulaifikasi cukup baik (C) dan terjadi peningkatan pada siklus II yang memiliki presentase 92% dengan kualifikasi sangat baik (A). Berdasarkan pemaparan diatas dapat diambil kesimpulan yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model problem based learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema Perubahan Energi kelas III Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...