Peran pendampingan terhadap anak usia dini tidak hanya menjadi tanggung jawab pendidik tetapi juga orang tua. Hal ini disebabkan karena anak usia dini masih sangat “bergantung” pada lingkup pendidikan informal dan waktu anak lebih banyak berada dalam konteks lingkungan nonformal. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran orang tua dalam pembelajaran anak usia dini selama masa pembelajaran daring, khususnya di Kecamatan Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi untuk menjamin keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua telah berperan dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi anak. Penciptaan suasana belajar tidak hanya dilakukan melalui pelibatan semua anggota keluarga dalam mendampingi anak tetapi juga melalui kegiatan belajar di luar ruangan. Pada pihak lain, orang tua juga menggunakan metode bermain menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar anak serta permainan-permainan tradisional untuk menstimulasi perkembangan anak secara holistik.
Copyrights © 2023