Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 11, No 4 (2022)

Penerapan Karakter Islami pada Interior Ruang Kelas 1 Sekolah Dasar Islam Darush Sholihin

Yanuarista Dwinyar Palupi (Departemen Desain Interior, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Lea Kristina Anggraeni (Departemen Desain Interior, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Masa pendidikan dasar merupakan masa keemasan pada pendidikan moral. Hal ini akan menjadi dasar penentuan bagaimana anak didik akan berkembang kedepannya. Kemerosotan moral masyarakat saat ini banyak disebabkan karena pendidikan nilai agama pada anak-anak usia sekolah dasar diabaikan. Oleh karena itu, pembentukan karakter dan kepribadian anak sesuai dengan nilai keagamaan menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Penting sekali membentuk nilai-nilai karakter melalui metode pembiasaan. Namun berdasarkan pengamatan lapangan terdapat permasalahan terkait pembiasaan karakter yang ada di SD Darush Sholihin khususnya kelas 1. Maka dari itu, diperlukan konsep yang dapat membantu mengatasi masalah yang ada di SD darush Sholihin. Metode penelitian yang dipakai berupa kualitatif dengan cara studi literatur dan didapatkan dari beberapa sumber. Hasil yang dicapai berupa penerapan konsep Fun Learning. Dengan adanya re-desain interior dengan konsep Fun Learning, maka akan membantu dalam meningkatkan pembentukan karakter anak di sekolah. Re-desain Interior tersebut terdiri dari penerapan Karakter Islami yang akan diaplikasikan di Kelas 1. Penerapan Karakter Tersebut berupa pengaplikasian hadist mengenai alam sebagai pembentukan karakter Cinta Alam, pengaplikasian tempat sepatu sepagai pembentukan karakter Kemandirian dan sebagainya.

Copyrights © 2022