JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 MARET 2023

Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Sastra Anak dan Pendidikan Karakter Untuk Sekolah Dasar

Munira Hasjim (Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin)
Aziz Thaba (Lembaga Swadaya Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matutu)
Sri Devi S (Lembaga Swadaya Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matutu)
Jerniati Jerniati (Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN))
Hastianah Hastianah (Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN))
Ratnawati Ratnawati (Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN))
Musayyedah Musayyedah (Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN))
Aminah Aminah (Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN))
Andi Indah Yulianti (Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN))
Syamsurijal Syamsurijal (Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN))



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Riset dan pengembangan ini bertujuan menciptakan bahan ajar berbasis sastra anak dan pendidikan karakter yang layak, praktis, dan efektif untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar khususnya di SD Negeri Inpres Hartaco Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode deskriptif dan eksperimen. Desain pengembangannya menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi empat langkah yaitu: (1) tahap prapengembangan (perencanaan), (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap uji kelayakan produk, dan (4) tahap pascapengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pedoman observasi, tes, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dan teknik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak, efektif, dan praktis digunakan untuk siswa kelas IV khususnya di SD Negeri Inpres Hartaco Makassar. Rata-rata hasil uji kelayakan bahan ajar oleh ahli materi sebesar 3,92 dengan kategori baik. Rata-rata hasil uji kelayakan bahan ajar oleh media sebesar 4,75 dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil uji kelayakan bahan ajar oleh subjek uji coba sebesar 4,14 dengan kategori baik. Hasil uji t menunjukkan thitung = 3,15 lebih besar dari ttabel = 2,007. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dibandingkan peserta didik yang tidak menggunakan bahan ajar. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk dipergunakan sebagai pengangan siswa dalam pembelajaran. Rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 78,54 dengan kategori mandiri. Artinya, bahan ajar yang dikembangkan praktis untuk digunakan oleh siswa guna meningkatkan kemandirian belajarnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP-BSI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian ...