Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(3), Oktober 2022

Pengembangan Madrasah melalui Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dalam Pemasaran Jasa Pendidikan

Rusdi, Rusdi (Unknown)
Abidin, Siti Hajar Awaliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Abstrak Sekolah yang berkualitas bisa dilihat dari strategi pemasaran yang baik. Pemasaran yang baik tentu memiliki dampak pada adanya peminat dan kepercayaan masyarakat sehingga menghasilkan jumlah peserta didik yang banyak. MTs Labbaika Samarinda mengalami peningkatan jumlah peserta didik yang setiap tahunnya meningkat. Hal ini menjadi gambaran positif bagi sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yang dibuktikan dengan upaya-upaya yang sangat kreatif, inovatif serta memperoleh keunggulan tersendiri bagi sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan dalam peningkatan peserta didik di MTs Labbaika Samarinda. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan di MTs Labbaika Samarinda Sangat Baik, yaitu dengan menerapkan Unsur 8P: 1) Product, Menawarkan produk berupa prestasi akademik maupun non akademik yang pernah diraih siswa. 2) Price, Harga yang ditetapkan cukup murah dengan biaya SPP Rp. 195.000 per bulan, dan ada keringanan biaya untuk Siswa/i yang kurang mampum namun biaya murah tetap mampu memberikan pelayanan maksimal 3) Place, Terletak di tempat yang strategis, karena sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. 4) Promotion, Promosi yang dilakukan MTs Labbaika melalui Media cetak (brosur), Media Sosial (facebook, instagram, whatsapps). 5) People, SDM yang dimiilki MTs Labbaika cukup baik karena dilihat dari status pendidikan, sudah memenuhi kualifikasi yaitu Sarjana (S1). 6) Physical Evidence, sarana dan prasarana MTs Labbaika sudah memadai dan sangat menunjang proses pembelajaran. 7) Process, Sudah terlaksana sesuai dengan urutan, dimulai dari perencanaan hingga pengevaluasian akhir dari kegiatan pemasaran. 8) Pray, Menerapkan nilai-nilai spritual.

Copyrights © 2022