Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

DESAIN DIDAKTIS KONSEP PECAHAN DESIMAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

siti walida (Universitas PGRI Palembang)
Nyiayu Fahriza Fuadiah (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini disebabkan adanya hambatan belajar (Learning Obstacle) yang dialami oleh peserta didik. Hambatan belajar tersebut didapatkan dari hasil studi pendahuluan tentang materi pecahan desimal. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun desain didaktis materi pecahan desimal supaya dapat mengatasi learning obstacle yang dialami peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Didactical Design Research (DDR) melalui tiga tahapan, yaitu a) Analisis Prosfektif, b) Analisis Metapedadidaktis, dan c) Analisis Retrosfektif. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, tes, dokumentasi, rekaman video. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa LO yang dialami peserta didik pada materi pecahan desimal yaitu peserta didik masih ada yang belum mengenal berbagai bentuk pecahan, peserta didik tidak bisa mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan desimal atau tidak bisa mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa, peserta didik belum mampu menyelesaikan soal penjumlahan pecahan. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) disusun berdasarkan LO yang dialami peserta didik yaitu: 1) mengenal berbagai bentuk pecahan, 2) menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa. Desain didaktis di implementasikan dan diperoleh dari hasil tes identifikasi akhir mengalami penurunan LO dibandingkan pada saat tes diagnostik awal. Berdasarkan temuan tersebut dilakukan revisi terhadap desain didaktis hipotetik dan diperoleh desain didaktis revisi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...