Warung kopi bukan hanya sebagai tempat jual beli makanan dan minuman serta meluangkan waktu senggang (duduk santai) akan tetapi juga memberikan apa yang dibutuhkan oleh para pengunjungnya dengan segala fasilitas yang dibutuhkan seperti Wi-Fi yang stabil, room (ruang) khusus diskusi/ pertemuan, dan kebutuhan lainnya untuk melakukan diskusi/ pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Analisis data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa warung kopi merupakan ranah publik untuk berinteraksi, dimana hasil dari interaksi yang terjadi menghasilkan hubungan sosial di dalamnya serta menambah wawasan dan pengetahuan serta informasi sesuai dengan fungsi dan tujuan dari masing-masing pengunjung. Kemudian warung kopi menjadi sarana belajar dan media bagi kalangan mahasiswa tidak hanya berinteraksi dengan sesama mahasiswa dan dari kalangan lainnya. Namun juga terjalin hubungan secara terus menerus di warung kopi dan menjadikan warung kopi sebagai media untuk membentuk jaringan sosial bagi mahasiswa.
Copyrights © 2022