Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 4 Sukawati tahun pelajaran 2021/2022 setelah diterapkan model pembelajaran E-RAISE. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Sukawati pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode observasi dan metode tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar IPA. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 77% yang berada pada kategori sedang dan pada siklus II sebesar 85% berada pada kategori tinggi. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata persentase hasil belajar IPA siswa sebesar 8%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran E-RAISE pada materi ekosisten berbmuatan kearifan lokal Bali dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sukawati tahun pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2023