Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi pada penerapan strategi think-talk-write pada siswa XI SMA Negeri 11 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Denpasar sebanyak 31 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran biologi pada materi sistem imun menggunakan strategi think-talk-write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Denpasar. Pada siklus 1 Rata-rata hasil belajar pada materi sistem imun siswa sebesar 79,35 dengan ketuntasan hasil belajar yaitu 77,41% pada kategori tinggi sedangkan rata-rata hasil belajar untuk untuk siklus 2 sebesar 83,54, dengan ketuntasan hasil belajar belajar 93,54% pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian penerapan strategi strategi think-talk-write pada mata pelajaran biologi materi sistem imun dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Denpasar.
Copyrights © 2023