Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menganalisis isi puisi. Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) merupakan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melakukan suatu pembelajaran dengan lebih aktif. Dalam penelitian terdapat beberapa masalah, tujuan, dan landasan teori ketika mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning). Ruang lingkup penelitian ini ialah peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis isi puisi melalui pembelajaran berbasis masalah (problem- based learning). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Denpasar. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi dan metode tes, sedangkan untuk mengolah data peneliti menggunakan rumus penghitungan rata-rata. Berdasarkan pemaparan tersebut maka simpulan yang diperoleh ialah meningkatnya kemampuan siswa dalam menganalisis isi puisi melalui pembelajaran berbasis masalah (problem- based learning).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021