Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022

PENDAYAGUNAAN CARRD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WEBSITE

Umi Muthmainnah (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan pendayagunaan situs web Carrd, serta keefektifan situs web tersebut dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara menyebar angket . Data yang berupa angka dan jawaban singkat tersebut dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan hasil yang tertera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96% responden yang menganggap Carrd merupakan media yang efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sementara 4% menganggap menganggap kurang efektif. Meskipun begitu, seluruh responden setuju bahwa Carrdmerupakan media pembelajaran bahasa Indonesia yang menarik. 88% responden merasa terbantu dengan hadirnya Carrd , sementara 12% sisanya belum terbantu. Terdapat 28% responden yang masih merasa kesulitan menggunakan Carrd, sementara 72% sisanya merasa tidak memiliki masalah. Para responden memberi tanggapan bahwa Carrd merupakan media pembelajaran yang menarik karena memiliki desain yang singkat sehingga materi yang disampaikan tidak bertele-tele, tetapi perlu waktu untuk terbiasa menggunakan media tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia contains the results of scientific works in the form of research results and studies of scientist, scholar, and teacher from language and literature filed. this journal is published twice a year in October and April in indonesian ...