Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia
Vol. 1 No. 4 (2022): SEPTEMBER

Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar

Syarifah Aeni Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pengunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Inpres Sambung Jawa 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar imu pengetahuan sosial siswa kelas V SDN Sambung Jawa Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas control) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhada hasil belajar ilmu pengetahuan social siswa kelas V SD Inpres sambung Jawa 1 kota Makassar tahun ajaran 2022/2023. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 31 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, seorang guru yang menggunakan media pembelajaran dengan penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa positif, dengan menggunakan media kartu bergambar menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan media kartu bergambar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan social siswa kelas V SDN Sambung Jawa Kota Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

judikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian yang orisinil dan memuat isu-isu terkini di bidang pendidikan dasar dengan kualitas terbaik yang meliputi Manajemen pendidikan, Strategi dan Inovasi Pembelajaran, Alat dan ...