AbstrakTeknologi di era yang serba digital harus bisa memberikan makna dan manfaat di bidang pendidikan. Pengembangan tersebut dilakukan dengan adanya aplikasi baru maupun platform tertentu sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran serta dampak pendidikan berbasis teknologi di FKIP dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW dengan mengambil subjek penelitian dari 7 Program Studi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 86% setuju dengan penggunaan pendidikan berbasis teknologi dikarenakan adanya pendidikan berbasis teknologi di FKIP memberikan kebermaknaan bagi mahasiswa yang merupakan generasi milenial serta mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam penggunaan sarana-sarana pendukung lainnya. Kelemahan dari pendidikan berbasis teknologi ini dinilai memunculkan pemahaman ganda atas materi yang diberikan oleh dosen serta jaringan internet yang belum merata dalam mengakses aplikasi berbasis teknologi.Kata kunci : mahasiswa, pendidikan, teknologi
Copyrights © 2022