ABSTRAK Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Mandarin siswa melalui metode pembelajaran langsung (Direct Method) Sampel penelitan ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara bahasa Mandarin dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua yaitu kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa metode pembelajaran langsung (Direct Method) meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Mandarin dari siklus I rata-rata yang diperoleh yaitu 74,75 dan pada siklus II dengan rata-rata 83,7. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara bahasa Mandarin seluruh siswa mengalami peningkatan sebesar 9%. Kata Kunci : Direct Method, Keterampilan, Berbicara, Bahasa Mandarin ABSTRACT This research aims to improve students' Mandarin language skills through the direct learning method (Direct Method). The sample of this research is 10th-gradeChinese students. This research is a classroom action research that consists of two cycles. Each cycle consists of two meetings. The instrument used was a test of Chinese speaking skills and an observation sheet. The data analysis technique used in this study consisted of two, namely qualitative and quantitative. The results showed that the direct learning method (Direct Method) improved students' Mandarin speaking skills. This can be proven by an increase in Chinese speaking skills from the first cycle, the average obtained is 74.75 and in the second cycle, the average is 83.7. These results indicate that the Chinese speaking skills of all students have increased by 9%. Keywords: Direct Method, Skills, Speaking, Mandarin
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023