Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April)

Strategi Pembelajaran Baca Tulis Qur'an Melalui Pembudayaan Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca dan Menulis Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tenggarang

Aisyah, Nur (Unknown)
Firdaus, Lailatul Intan Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an melalui pembudayaan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso. Tujuan: tujuan penelitian ini menganalisa dan mengkaji strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an melalui pembudayaan dalam meningkatkan kompetensi membaca dan menulis Al-Qur’an. Metode: Jenis penelitian ini adalah metode kulitatif jenis study kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview dan dokumentasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sekolah SMA Negeri 1 Tenggarang menggunakan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan pembiasaan atau pembudayaan dalam mengatasi ketimpangan anak didik yang belum kompeten dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Kedua, strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tenggarang dilakukan dengan cara: Strategi Perencanaan, Klasifikasi Kelompok, Implementasi Pembelajaran BTQ dan continuous improvement. Implikasi yang diperoleh dengan program strategi pembelajaran BTQ yakni anak didik semakin terampil dalam membaca dan menulis Al-Qur’an sehingga kompetensi membaca dan menulis siswa semakin meningkat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...