Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an melalui pembudayaan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso. Tujuan: tujuan penelitian ini menganalisa dan mengkaji strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an melalui pembudayaan dalam meningkatkan kompetensi membaca dan menulis Al-Qur’an. Metode: Jenis penelitian ini adalah metode kulitatif jenis study kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview dan dokumentasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sekolah SMA Negeri 1 Tenggarang menggunakan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan pembiasaan atau pembudayaan dalam mengatasi ketimpangan anak didik yang belum kompeten dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Kedua, strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tenggarang dilakukan dengan cara: Strategi Perencanaan, Klasifikasi Kelompok, Implementasi Pembelajaran BTQ dan continuous improvement. Implikasi yang diperoleh dengan program strategi pembelajaran BTQ yakni anak didik semakin terampil dalam membaca dan menulis Al-Qur’an sehingga kompetensi membaca dan menulis siswa semakin meningkat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023