Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April)

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus 3 Sekarbela

Sulastri, Eva (Unknown)
Asrin, Asrin (Unknown)
Umar, Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Suatu hal yang penting untuk diperhatikan dari seorang siswa adalah minat yang dimiliki dan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini dalam rangka mengetahui pengaruh dari Realistic Mathematic Education (RME) terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus 3 Sekarbela. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design berupa Nonequivalen Control Group Design. Selanjutnya, populasi pada penelitian ini yakni siswa di SD Negeri Gugus 3 sekarbela kelas IV dengan sampel sebagai kategori eksperimen adalah SD Negeri 25 Ampenan dan kategori kontrol adalah SD Negeri 31 Ampenan. Sampel tersebut diambil melalui teknik  sampel sampling purposive. Data dikumpulkan dengan cara observasi, angket dan tes tulis. Pelaksanaan pembelajaran menurut pendekatan RME dikaji berdasarkan observasi, informasi dimana atas dasar pengumpulan minat belajar siswa yang ditunjang dengan bantuan angket, dan pengumpulan informasi mengenai hasil belajar siswa tersebut melalui tes tulis. Penelitian ini menggunakan n-gain untuk melakukan uji Independent Sample T-Test melalui software SPSS 21. for windows. Hasil penelitian ini adalah besar nilai thitung lebih dari ttabel yakni 6.953 lebih besar dari 2.002 dan 9.349 lebih besar dari 2.002, atau nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05. Oleh karena itu, H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh terhadap minat belajar siswa yang duduk dibangku kelas IV SDN gugus 3 sekarbela dan hasil belajarnya pada mata pelajaran matematika melalui RME sebagai pendekatan. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...