Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 19 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan meliputi instrument tes kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana, pedoman observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dapat meningkatkan kemempuan membaca nyaring kalimat sederhana pada siswa kelas I di SDK Kateri Kabupaten Malaka. Peningkatan kemempuan membaca nyaring kalimat sederhana pada pasca tindakan I peningkatan sebesar 47% dengan nilai awal 60,52 menjadi 73,02. Sedangkan kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana pada pasca tindakan II peningkatan sebesar 26,47% dengan nilai awal 73,02 menjadi 81,57. Peningkatan terjadi dikarenakan saat mengikuti kegiatan pembelajaran siswa ikut berpartisipasi dan aktif dalam kegiatan pembelajaran membaca dengan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) ditunjukan dengan anak menyelesaikan tugas berupa membaca teks kalimat sederhana yang guru sediakan.
Copyrights © 2023