Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aplikasi SIPDA dapat digunakan dalam proses pembelajaran hybrid di PGSD sehingga dapat meningkatkan kualitas perkuliahan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi SIPDA lebih efektif daripada LMS konvensional sehingga dapat meningkatkan kualitas perkuliahan pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kontrol pre-test dan post-test, in-class training dilanjutkan dengan praktek lapangan dan dievaluasi menggunakan tiga komponen: evaluasi pre-test dan post-test (skala skor: 0-100), observasi keterampilan selama pelatihan bencana (skala skor: 1-4). Peserta terdiri dari 24 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Medan. Skor evaluasi sebelum dan sesudah tes menunjukkan peningkatan hasil postes sebesar 71,4 (p<0,005). Studi ini mengevaluasi sepenuhnya efektivitas penggunaan Aplikasi SIPDA dalam penerapannya pada proses pembelajaran Hybrid pada program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Keywords: Pembelajaran Hybrid, Aplikasi SIPDA
Copyrights © 2023