Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 9, No 1 (2023)

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Momentum dan Impuls Dengan Berbantuan Software Tracker di SMA PGRI Sialingan

Rahayuningsih, Indri (Unknown)
Lubis, Patricia (Unknown)
Sulistyawati, Sulistyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis siswa pada materi momentum dan impuls dengan berbantuan Software Tracker di SMA PGRI Sialingan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs dan jenis desain yaitu one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal essay dan non-tes berupa angket/kuesioner dan observasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya peningkatan pada kemampuan analisis peserta didik pada materi momentum dan impuls serta menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis siswa pada materi momentum dan impuls dengan berbantuan Software Tracker di SMA PGRI Sialingan. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil analisis data tes dan non-tes yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik serta hasil perhitungan analisis data uji hipotesis yang diperoleh nilai thitung 9,709 lebih besar dari nilai ttabel 2,120 dengan nilai signifikan <0,001.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...