Media berperan untuk menunjang proses pembelajaran, salah satunya denganmemanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi pembelajaran.Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaanmedia Google Classroom selama pembelajaran daring, hambatan, dan upaya guru dalammengatasi kendalanya. Metode penelitian deskriptif kualitatif dipilih. Guru dan siswa kelas VSD Negeri 1 Punung sebagai subjek penelitian. Teknik observasi, wawancara dan dokumentasidigunakan untuk mengumpulkan data selanjutnya dilakukan triangulasi dan analisa data.Diperoleh hasil penelitian, yaitu: media Google Classroom digunakan guru untukmenyampaikan materi berupa video dan file. Penugasan dilakukan sebagai evaluasipembelajaran. Hambatannya adalah dari sisi guru dan siswa, yaitu perlu kesiapan gurumaupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring agar dapat memaksimalkandan beradaptasi dalam menggunakan fitur-fitur yang tersedia di Google Classroom. Upaya guruuntuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan pengiriman file tugas melalui WhatsApp.Guru disarankan menggunakan kombinasi media lain yang mengubah kelas lebih bervariatifdan menarik.
Copyrights © 2021