Inter Script: Journal of Creative Communication
Vol 5, No 1 (2023): Inter Script : Journal of Creative Communication

Pengaruh Terpaan Berita Hoax dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial Tiktok

Aldevita Putri Damayanti (STIKOM InterStudi)
Happy Prasetyawati (STIKOM InterStudi)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Perkembangan sosial media saat ini keberadaannya mempengaruhi masyarakat terutama menyediakan berita. Masyarakat mudah mendapatkan informasi dan mudah mempublikasikan informasi ke khalayak lainnya dengan menggunakan media sosial Tiktok. Tiktok cukup berpengaruh kepada masyarakat yang mendapatkan berita hoax dan kepercayaan masyarakat pada penyebaran berita hoax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh terpaan berita hoax dan kepercayaan masyarakat terhadap penyebaran berita hoax di media sosial Tiktok. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel non-probability sampling dengan menggunakan convenience sampling. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Effect yang sesuai pada fenomena penelitian. Hasil penelitian pada variabel Terpaan Berita Hoax dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial Tiktok mendapatkan 38.9% yang artinya mempunyai pengaruh tetapi lemah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

interscript

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The objective of this journal is to encourage research related but not limited to: 1. Public relations. Communication that engages strategic message to build image and reputation. 2. Advertising. Communication that attaches promoting value, product, service and creative idea in public 3. ...