Concept: Journal of Social Humanities and Education
Vol. 2 No. 1 (2023): March : Concept: Journal of Social Humanities and Education

Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Instruction (Pbi) Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas V Sd Negeri 1 Waluyorejo

Rismatul Amaliyah (Unknown)
Nurhidayati (Unknown)
Titi Anjarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V di SD Negeri 1 Waluyorejo menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis peserta didik masih rendah dalam pembelajaran tematik. Oleh sebab itu, perlu dibutuhkan alternatif medel pembalajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir ktitis peserta didik dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemempuan berfikir kritis pada pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 19 orang siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem based instruction (PBI) pada siswa kelas V hasil peneliitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis dapat meningkat dari siklus ke siklus. Pada pra siklus 15,8%, siklus I 52,65%, siklus II 89,45 sehingga dikategori "sangat kritis". Sehingga penerapan model Problem Based Instruction bisa menjadi alternatif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik di sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Concept

Publisher

Subject

Astronomy Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Concept: Journal of Social Humanities and Education E-ISSN: 2963-5527 (Online) / P-ISSN: 2963-5071 (print) published by Yappi Makassar School of Administrative Sciences. Publishing this journal aims to improve the quality of science, as well as channel interest in sharing and disseminating knowledge ...