Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora
Vol. 2 No. 1 (2023): April : Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora (JISPENDIORA)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dengan Menggunakan Metode Forum Group Discussion Smp Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023

Anik Indarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka. Penelitian ini berjalan dalam dua siklus. Pada siklus I terdiri dari 4 kegiatan dan siklus II terdiri dari 3 kegiatan. Untuk kegiatan 3 di siklus I dan kegiatan 2 dan 3 disiklus II difokuskan pada presentasi modul ajar kurikulum merdeka yang sudah dikerjakan peserta. Sedangkan pada kegiatan terakhir disetiap siklus difokuskan pada evaluasi hasil presentasi modul ajar yang telah disampaikan oleh peserta. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah 100% guru mendapatkan nilai menyusun modul ajar kurikulum merdeka minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan nilai kemampuan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka pada siklus I adalah 50%. Hasil ini belum mencapai indikator yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan nilai kemampuan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka telah mencapai 100% atau seluruh peserta sudah tuntas. Hasil penelitian di siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian sehingga penelitian dihentikan. Dengan demikian penerapan metode Forum Group Discussion berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka SMP Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jispendiora

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, serta menyalurkan minat berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi dan pemerhati ilmu pengetahuan. Redaksi menerima artikel penelitian terkait Ilmu Sosial, Pendidikan Dan ...