Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2023): April : Jurnal Bahasa dan Pendidikan

Implementasi Kebijakan Anti Perundungan (bully) Oleh Konseling Pada Siswa Melalui Layanan Konseling Di SMP Negeri 27 Medan

Abdul Halim (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Alifia Azizah Ilmi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Mira Dena Putri Panggabean (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Nur Azizah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Rizka Aulia Yanda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Fenomena perundungan atau bullying yang semakin marak terjadi di lingkungan sekolah. Bullying merupakan perilaku yang merugikan fisik, psikologis, atau sosial, dan seringkali dilakukan oleh satu atau sekelompok siswa terhadap siswa lainnya. Perundungan dapat menyebabkan dampak yang cukup serius pada kesehatan mental dan emosional korban, seperti stres, depresi, bahkan bunuh diri. Selain itu, bullying juga dapat mengganggu proses belajar mengajar di sekolah dan membuat lingkungan belajar menjadi tidak aman dan tidak nyaman. Dalam mengatasi permasalahan ini, konseling dianggap sebagai salah satu solusi yang tepat dan efektif dalam membantu korban perundungan mengatasi trauma dan memperbaiki diri. Selain itu, konseling juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menghormati hak asasi manusia dan menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, implementasi kebijakan anti perundungan antar siswa melalui konseling menjadi suatu upaya yang penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pustaka

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS. Jurnal ini adalah Jurnal Bahasa dan Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial ...