Safari : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2022): Juli : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia

Pelatihan Pembuatan Chem Lab dan Bahan Ajar Berbasis Exe.Learning bagi Guru-Guru Kimia NTT di Masa Pandemi Covid-19

Dewi Lestarani (Unknown)
Arvinda C. Lalang (Unknown)
I Gusti M.N. Budiana (Unknown)
Heru Christianto (Unknown)
Yosep Lawa (Unknown)
Yantus A.B. Neolaka (Unknown)
Johnson N. Naat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang mengalami perubahan di masa pandemi Covid-19 adalah kimia. Survey awal pada guru-guru kimia di NTT bahwa penggunaan sumber belajar digital dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 masih sangat rendah. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan bagi guru-guru kimia NTT dalam mendesain bahan ajar dan praktikum menggunakan teknologi IT. Metode yang dilakukan adalah pre test, pelatihan dan pendampingan pembuatan chemLab dan bahan ajar kimia berbasis exe.learning dan post test. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan platfom zoom. Berdasarkan hasil analisis pre test dan post test bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru-guru kimia dari 34,5% menjadi 96,4% untuk chem lab dan 30,6% menjadi 93,5% untuk pembuatan bahan ajar berbasis exe.learning. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah guru-guru kimia mampu mendesain praktikum menggunakan chem lab dan membuat bahan ajar kimia berbasis exe.learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

safari

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, Humaniora, Teknik, Pertanian, Komunikasi, Kesehatan, dan Rekayasa. Jurnal SAFARI memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...