Komunikasi adalah bagian penting dalam pengelolaan lembaga pendidikan, komunikasi yang baik akan mampu meningkatkan kinerja guru, namun banyak sekolah yang tidak dapat membangun komunikasi organisasi yang baik dalam sekolah sehingga tak sedikit akibat komunikasi yang tidak baik muncul miss komunikasi, konflik dan bahkan perecahan dalam sekolah. Melihat tersebut penulis tertarik untuk emlakukan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di SMP Al Inabah Ponorogo, melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi penulis melakukan analisis data dan mengecek keabsahan data dengan triangulasi data dan sumber. Sehingga diperoleh hasil bahwa komunikasi organisasi yang diterapkan di SMP Al Inabah Ponorogo dapat dilihat dari komunikasi antar pribadi dalam organisasi, komunikasi kelompok dalam organisasi, komunikasi formal, komunikasi informal, komunikasi kebawa, dan komunikasi keatas. Dari bentuk, proses dan arus komunikasi yang ada di SMP Al inabah Ponorogo mampu membentuk budaya organisasi yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023