Penelitian ini dilatarbelakangiaoleh kecanduan game online yangaberdampak buruk yaitu siswaasering absen atau relaatidak sekolah untuk bermainagame online, dan melalaikan tugas-tugasasekolah serta berperilakuatidak baik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahuiaperan guru bimbinganakonseling dalam mengatasiakecanduan gameaonline siswa SMA Negeri 1 Telukdalam Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yangadigunakan adalah kuantitatifadengan pendekatanadeskriptif. Populasi penelitianaadalah seluruh siswaakelas XI SMA Negeri 1 Telukdalamayang berjumlaha226 orang. Sampelapenelitian berjumlah 34aorang siswa. Hasil penelitian, nilai meanaangket peran guru BK84,53 dan berada padaakategori sedang, dan nilai mean angketakecanduan gameaonline84,38 dan berada padaakategori sedang.Nilai r diperoleh sebesar 0,753, nilai ujiadeterminasi 56,70%.Hasil uji hipotesisadiperoleh nilai thitung= 6,472 >ttabel= 2,042 yangaartinya H0 ditolak danaHa diterima, dan peran guru bimbinganakonseling dalam mengatasiakecanduan game onlineasiswa sebesar 56,70%.Kesimpulan: Adaaperan guru bimbinganakonseling dalam mengatasi kecanduan gameaonline siswa SMA Negeri 1 Telukdalam. Saran: Bagiasiswa, hendaknya mengontroladiri dan waktunya dalam bermainagame online, serta dapat menanamkan sertaamengetahui tugas utamaadari peserta didik, serta dapatamencari kegiatanalain yang lebih bisaabermanfaat. Bagi guruaBK hendaknya terus berkoordinasiadengan kepala sekolahadan guru-guru di sekolahaserta bekerja sama dengan orangatua siswa untuk ikutamengawasi dampakanegatif game online. Bagi sekolahahendaknya memberikanajam pelayanan kepadaaguru BK dalam memberikan layanan konselingadengan lebih mengarahkanasiswanya kepada kegiatanayang lebih positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023